17 Des 2008

Others


Disini saya ingin berbagi hal tentang kehidupan.

Saya boleh dikatakan sangat berpengalaman dalam perkuliahan, bagaimana tidak, yang lain hanya butuh waktu 3,5 tahun, 4 tahun atau paling lama 4,5 tahun untuk menyelesaikan S1, sementara saya sudah lebih dari 5 tahun masih saja berstatus sebagai mahasiswa. Sejujurnya ini bukan karena kelalaian dalam perkuliahan, melainkan karena ketidak siapan diri, baik dari segi pengetahuan maupun kemampuan untuk menyelesaikan tugas akhir.

Setahun yang lalu saya telah seminar judul dan semua lancar-lancar saja sampai pada pembuatan alat (saya mahasiswa jurusan elektronika dengan konsentrasi elektronika komunikasi), ada saja hambatan yang datang, mulai dari komponen yang susah didapat, komponen dengan kode yang sama tidak berfungsi sebagaimana mestinya (padahal komponen itu ada dalam keadaan baik), ditambah lagi dengan program yang rumitnya minta ampun, itu semua belum termasuk hambatan-hambatan yang tak terduga lainnya.

Sempat down berkali-kali, terutama saat teman seangkatan sudah wisuda, kemudian menyusul sebagian junior, hingga butuh waktu untuk menenangkan fikiran dari kejenuhan yang telah berakumulasi. Kira-kira 2 bulan saya tidak melanjutkan penyelesaian alat, paling cuma pembelajaran secara teoritis saja. Saat ini tugas akhir itu masih dalam proses.

Saya sudah terlalu sering berkeluh kesah. Dulu mungkin keluhan itu merupakan pelepasan emosi, tetapi sekarang lebih kepada keinginan untuk berbagi cerita dan dari itu semua saya dapat mengambil pelajaran bahwa “ setiap individu pasti mempunyai hambatan masing-masing untuk menuju kesuksesannya”. Meski pada masa sekolah dulu mungkin boleh dikatakan juga bahwa saya termasuk salah satu yang tidak bisa diabaikan, saat kuliah-pun hal itu masih berlaku. Hingga hambatan itu datang pada saat pembuatan tugas akhir ( entah ini cobaan atau ujian ). Namun tak kan pernah ada kata sesal terucap dari mulut ini, karena itu tak kan merubah apa-apa. Yang bisa dilakukan sekarang hanya menjalani semua dengan apa adanya serta terus berusaha dan berusaha. Semoga dengan ini semua saya menjadi pribadi yang lebih matang nantinya, baik dari segi pemikiran maupun kemampuan. Amien……………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar